Kedatangan Bangsa-bangsa Eropa di Indonesia

Kedatangan Bangsa-bangsa Eropa di Indonesia

Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia

Pada tahun 1509 utusan Bangsa Portugis bernama Diego Lopez Squeira tiba di Malaka menyampaikan surat kepercayaan kepada Sultan Mahmud Syah. Malaka menolak berdagang dengan Portugis. Pada tahun 1511 Portugis menyerang Malaka dipimpin Alfonso d’Albuquerque dan berhasil menduduki Malaka. Dengan menduduki/menguasai Malaka, Portugis memperoleh dua keuntungan yaitu:
– Portugis akan menguasai jalur perdagangan penting di Asia, termasuk perdagangan rempah-rempah.
– Malaka dapat dijadikan batu loncatan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku. Itulah sebabnya, Portugis membangun basis militer yang kuat di Malaka.

Pada tahun 1512, Bangsa Portugis di bawah pimpinan De Abreau berlayar menuju Maluku. Dalam pelayarannya, ia singgah di beberapa pelabuhan seperti Aceh, Banten, Sunda Kelapa, Cirebon, Demak, Gresik, dan akhirnya sampai di Ternate. Untuk beberapa lama, perdagangan antara Portugis dan Ternate berjalan lancar dan damai. Untuk meningkatkan hubungan antara Ternate dan Portugis, Ternate minta bantuan kepada Portugis agar mendirikan benteng di Ternate yang berguna untuk menghindarkan serangan musuh yakni Tidore. Benteng yang didirikan Portugis itu bernama Sao Paulo. Kesempatan itu dimanfaatkan pihak Portugis untuk mendapatkan monopoli perdagangan cengkih. Penerimaan baik itu dilatarbelakangi oleh persaingan antara Ternate dan Tidore.

Sejak Portugis membeli rempah-rempah langsung dari Maluku, bandar Lisabon (Lisboa) menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan komoditas lain yang berasal dari Hindia Timur. Dari Lisabon komoditas itu disebarkan ke seluruh Eropa, terutama oleh pedagang-pedagang Belanda. Kedudukan orang-orang Portugis di Ternate mulai goyah. Rupanya Kerajaan Ternate hanya memerlukan bantuan orangorang Portugis. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pertahanan dalam menghadapi Kerajaan Tidore.

Akhirnya Ternate dan Tidore bersatu melawan Portugis pada tahun 1533. Mengapa? Karena Portugis melakukan monopoli perdagangan dan mengadakan penyebaran agama Nasrani. Portugis kalah, kemudian keluar dari Maluku dan menetap di Timor. Sebelum menetap di Timor, Portugis sempat mengincar ke daerah lain, yaitu:
a. Sumatra, dengan alasan mengincar hasil perkebunan lada. Tetapi Portugis tidak berhasil melakukan perdagangan biasa maupun monopoli perdagangan, karena kehadirannya ditentang oleh Kerajaan Aceh.
b. Di Jawa, orang-orang Portugis hanya dapat berdagang di daerah Blambangan dan Pasuruan. Alasannya di daerah-daerah Jawa lainnya telah dikuasai Kerajaan Demak, yang merupakan musuh Portugis.

 

Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia

Pada tahun 1521, dua kapal ekspedisi Spanyol sampai di Maluku. Mereka datang dari Filipina dalam pelayaran kembali ke Spanyol melalui Kalimantan Utara. Ketika itu, di Maluku sedang terjadi persaingan antara Ternate dan Tidore. Untuk mengimbangi kekuatan Ternate yang didukung Portugis, Spanyol mendukung Tidore.

Keadaan ini mendapat protes dari Portugis karena dianggap melanggar Perjanjian Saragosa tahun 1528. Selain itu karena kalah kuat, persekutuan Tidore dan Spanyol dapat dilumpuhkan. Sejak tahun 1543, tidak ada lagi ekspedisi Spanyol ke Indonesia. Berdasarkan Perjanjian Tordesillas, kawasan Maluku hanya boleh dijelajahi Portugis, sedangkan Spanyol hanya sampai di Filipina.
Kedatangan Bangsa Inggris di Indonesia

Dalam menguasai perdagangan di Hindia Timur, ekspedisi Inggris tidak disponsori oleh pemerintah, melainkan oleh persekutuan dagang yang dinamakan East Indian Company (EIC). Persekutuan dagang itu merupakan gabungan para pengusaha London. Sejak tahun 1600, EIC  memperoleh hak khusus dari pemerintah Inggris untuk menangani perdagangan di Hindia Timur. Dengan hak khusus tersebut, EIC memiliki wewenang penuh atas monopoli perdagangan di Hindia Timur.

Pada akhir abad ke-16, EIC mengadakan hubungan dagang dengan beberapa tempat di Indonesia seperti Aceh, Jayakarta, Banjar, Gowa, dan Maluku. Namun, karena terdesak oleh Belanda, akhirnya Inggris tersingkir dari kawasan Indonesia.

 

Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia

Setelah mendapat petunjuk dari Jan Hueygen Van Linschoeten, Bangsa Belanda mulai melakukan pelayaran. Untuk menghindari persaingan dengan Portugis, diusahakan pelayaran melalui utara, tetapi gagal. Kemudian dibentuklah Compagnie Van Vere oleh pengusaha-pengusaha Belanda.

Dari kongsi dagang tersebut dilakukan ekspedisi:
a. Tahun 1596, armada dagang Belanda dengan empat kapal dipimpin oleh Cornelis de Houtman datang di Banten. Kedatangan mereka disambut baik. Namun Belanda berambisi mendapat keuntungan besar. Akhirnya timbul perselisihan dengan rakyat dan penguasa Banten. Semua pelabuhan dagang di pantai utara Pulau Jawa ditutup bagi pedagang Belanda. Misi dagang de Houtman dianggap tidak berhasil.

b. Tahun 1598 misi dagang Belanda kedua dipimpin oleh Jacob van Neck dan Warwijk tiba di Banten. Kedatangannya disambut baik oleh penguasa, pedagang, dan rakyat Banten. Saat itu Banten sedang berselisih dengan Portugis.Keberhasilan pelayaran kedua ini mendorong para pengusaha/pedagang Belanda, berlomba-lomba datang ke Indonesia. Untuk menghindari persaingan antarpengusaha Belanda, atas anjuran Johan Olden Barneveld dibentuklah kongsi dagang Belanda di Hindia Timur yang dinamakan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie).

VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie)

Pada tahun 1602, atas nasihat Johan van Olden Barneveld, bangsa Belanda mendirikan VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie/Serikat Dagang Hindia Belanda) di Ambon pada tanggal 20 Maret 1602 dan pada tahun 1619 dipindahkan ke Batavia. Dengan modal pertama 6,5 milyar Gulden.

Tujuan pembentukan VOC adalah:
a. Untuk menghadapi persaingan antarpedagang Belanda agar mampu menghadapi saingan dengan bangsa lain.
b. Memonopoli perdagangan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
c. Membantu pemerintah Belanda yang sedang berperang dengan Spanyol.

Tahun 1602 VOC mempunyai hak octrooy atau izin untuk memonopoli perdagangan dari pemerintah Belanda. Wilayah monopoli dagang tersebut dimulai dari Tanjung Pengharapan (Afrika Selatan) sampai selat Magellan (Filipina). Dengan hak khusus tersebut, VOC menjadi   lembaga pemerintah sekaligus perdagangan yang otonom di wilayah jajahan.

Itulah sebabnya, kehadiran VOC di wilayah jajahannya dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal, yang sekaligus termasuk Heeren Seventien (17 Pimpinan). Gubernur Jenderal menjalankan dua peran sekaligus yaitu sebagai direktur perusahaan dan pimpinan pemerintahan. Pimpinan tertinggi VOC di Hindia Timur.

Sejak tahun 1608 terdiri atas gubernur jenderal (mewakili pihak Kerajaan Belanda) dan Road van Indie (Dewan Hindia). Keduanya disebut “Hooge Regering” (Pemerintah tertinggi). Gubernur Jenderal pertama dijabat oleh Pieter Both (1610–1614). Ia berkantor di atas kapal yang berlabuh diperairan Ambon. Pieter Both berencana untuk memindahkan pusat kedudukan VOC ke Batavia (Jayakarta). Ini didasarkan pada beberapa pertimbangan antara lain:
a. Jayakarta lebih strategis dibandingkan dengan Ambon karena terletak di tengah jalur perdagangan Asia.
b. Dari Jayakarta, VOC akan lebih mudah menyingkirkan Portugis yang berkedudukan di Malaka.

Untuk melaksanakan tujuannya tersebut, Pieter Both meminta izin kepada Pangeran Jayakarta. Sebab Jayakarta termasuk wilayah kekuasaan Kerajaan Banten. Permintaan tersebut dikabulkan. Tetapi beberapa tahun kemudian, Pangeran Jayakarta juga memberi izin kepada EIC dari Inggris untuk mendirikan kantor dagangnya di Jayakarta. Akhirnya, terjadilah persaingan antara VOC dengan EIC.

Dalam suasana persaingan antara VOC dan EIC, terjadilah pergantian gubernur jenderal VOC. Pieter Both digantikan oleh Jan Pieterszoon Coen. Untuk menghadapi persaingan dengan EIC, ia mendirikan benteng di Jayakarta, bernama Batavia. Kemudian VOC menghasut penguasa Banten Ranamenggala untuk memecat Pangeran Jayakarta, sekaligus menutup izin dagang EIC.

Akhirnya sejak tanggal 31 Mei 1619, VOC memperoleh hak penuh atas Jayakarta. Sejak saat itu pula nama Jayakarta diubah namanya menjadi Batavia, karena kota Jayakarta telah banyak yang rusak akibat pertempuran dengan Banten. Dalam pelaksanaan monopoli perdagangan, VOC mengambil beberapa tindakan. Diantaranya:
– Pelayaran Hongi: patroli dengan menggunakan perahu kora-kora, yang dilengkapi dengan senjata untuk mengawasi pelaksanaan monopoli di Maluku.
– Hak ekstripasi: hukuman terhadap para pelanggar aturan monopoli.

Masa kejayaan VOC pelan-pelan memudar. Pegawai-pegawai VOC banyak yang melakukan korupsi. Selain itu adanya saingan dari bangsa lain yaitu Prancis dan Inggris, dalam melakukan monopoli rempah-rempah. Pemberian deviden kepada para pemegang saham. Akhirnya usaha yang dilakukan VOC mengalami kerugian, sementara mengakibatkan jumlah biaya yang dikeluarkan cukup tinggi.

One thought on “Kedatangan Bangsa-bangsa Eropa di Indonesia

  1. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was wanting to know your situation; many of us have created some nice methods and we are looking to trade solutions with other folks, why not shoot me an email if interested.
    new casinos usa

  2. Howdy! I’m at work surfing around your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts! Carry on the superb work!
    bet fortnite

  3. Hi! I’m at work surfing around your blog from my new iphone 4! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the great work!
    test cricket betting

  4. Запросите бесплатную юридическую консультацию Удобный способ получить Экономьте лишних трат на юридические услуги с помощью бесплатной консультации
    Как защитить собственные права без затрат на юридические услуги?
    Свободная юридическая консультация постоянно под рукой
    Куда обратиться бесплатную юридическую помощь?
    Узнавайте свои юридические вопросы эффективно с бесплатной консультацией
    Нужна помощь? Получите бесплатную юридическую помощь сразу сейчас
    Сберегите свои права с бесплатной юридической консультацией
    Что делать в сложной юридической ситуации? Получите бесплатную консультацию и уладьте проблему
    Комплексное пояснение правового вопроса со стороны квалифицированных юристов
    Как доказать свою правоту? Получите юридическую консультацию на тему бесплатно
    Оплата услуг не всегда оправданы, узнайте, как получить бесплатную консультацию
    Сложилась непредвиденная ситуация? Получите бесплатную юридическую поддержку
    Юридическая консультация вам доступны бесплатно
    Как получить документы без юриста? Получите бесплатную консультацию и сэкономьте
    Трудно разобраться в вопроса? Получите бесплатную консультацию от Профессионалов
    Безопасно получите бесплатную юридическую консультацию через телефон с помощью бесплатной юридической консультации
    Нужна комплексная юридическая помощь? Получите бесплатную консультацию
    Как получить юридическая консультация на любом вопросов
    Не останавливайтесь – получите бесплатную содействие от лучших юристов

  5. ••• +7(707)8681789 Демонтажные работы в Алматы, Снесем все от Стены до Дома! Ваш-демонтаж.kz •••

  6. купить цветы в новосибирске
    Хотите порадовать близких и дарить им красоту и радость? Тогда доставка цветов – это незаменимая услуга для вас! Мы предлагаем быструю и надежную доставку самых свежих и красивых цветов прямо к двери вашего получателя. Наш профессиональный флорист подберет самые красочные букеты и создаст гармоничные композиции с учетом ваших пожеланий. Вы можете заказать доставку цветов в любой город, и вашему подарку будет радоваться даже находящийся на другом конце страны человек. Мы гарантируем свежесть и качество цветов, а также строгое соблюдение сроков доставки. Обращайтесь к нам и делайте своих близких счастливыми с помощью прекрасных цветов!

  7. Шаврин Александр Валерьевич Алматы

    Incredibly user friendly site. Great information offered on few clicks.
    Шаврин Александр Валерьевич Алматы

  8. Hey, I think your website might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, great blog!
    Reddit’s top-rated casinos

  9. 4T1G11AK4MU587931

    An impressive share! I’ve just forwarded this onto a friend who was doing a little research on this. And he actually bought me lunch because I discovered it for him… lol. So allow me to reword this…. Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to discuss this subject here on your web page.
    4T1G11AK4MU587931

  10. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is attractive, your authored material stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.
    online casinos legal in australia

  11. Please let me know if you’re looking for a author for your weblog. You have some really good articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some content for your blog in exchange for a link back to mine. Please send me an e-mail if interested. Regards!
    places where casinos are legal

  12. That is very interesting, You’re an overly professional blogger. I’ve joined your feed and look forward to looking for extra of your wonderful post. Also, I have shared your website in my social networks
    new crypto casino site

  13. The other day, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and tested to see if it can survive a twenty five foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views. I know this is completely off topic but I had to share it with someone!
    casino no deposit bonus instant withdrawal

  14. Кальянные смеси WAVE – Погрузитесь РІ РјРёСЂ разнообразных ароматов кальянных смесей WAVE Рё наслаждайтесь курением кальяна РІ полной мере.

  15. Pretty section of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Anyway I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.
    live blackjack online casinos ireland

  16. Right here is the right webpage for anybody who would like to find out about this topic. You understand so much its almost hard to argue with you (not that I actually will need to…HaHa). You definitely put a fresh spin on a topic that has been written about for a long time. Great stuff, just wonderful!
    best us bitcoin casino

  17. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results. If you know of any please share. Thank you!
    usa bitcoin casino no deposit bonus

  18. Do you have a spam issue on this blog; I also am a blogger, and I was wanting to know your situation; many of us have created some nice practices and we are looking to swap techniques with other folks, please shoot me an e-mail if interested.
    best casino sites

  19. Thank you for any other informative web site. The place else may just I am getting that kind of info written in such an ideal way? I’ve a undertaking that I am simply now working on, and I’ve been on the look out for such info.
    best canada casino

  20. Do you have a spam issue on this website; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have created some nice methods and we are looking to exchange methods with other folks, be sure to shoot me an e-mail if interested.
    best real money pokies app australia

  21. What’s up friends, fastidious piece of writing and fastidious arguments commented here, I am really enjoying by these.
    Cryptocurrency casino gaming recommendations on Reddit

  22. Hi excellent blog! Does running a blog such as this require a massive amount work? I have very little expertise in coding however I had been hoping to start my own blog soon. Anyways, should you have any suggestions or techniques for new blog owners please share. I know this is off subject nevertheless I just needed to ask. Many thanks!
    Explore the crypto casino discussions on Reddit

    Crypto casino promotions

  23. Чтобы воспользоваться промокодом, вам необходимо зарегистрироваться на сайте 1xBet и ввести этот промокод в соответствующем поле при регистрации. После этого вам будет начислен бонус до 32500 рублей, который вы сможете использовать по своему усмотрению.

    1xbet промокод при регистрации com

  24. Любители порно манга японской культуры и комиксов, обратите внимание: манга онлайн – отличный способ провести свободное время в одиночку. Большинство ресурсов предоставляют возможность читать хентай мангу бесплатно, что делает этот формат доступным для всех. Кроме того, многие из них имеют удобные приложения для мобильных устройств, что позволяет читать хентай мангу даже в дороге. Наслаждайтесь мангой хентай и погружайтесь в удивительный мир японских порно комиксов прямо сейчас!

  25. Aku pun sangat mengapresiasi gaya bahasa yang mudah dimengerti dan lugas. Tidak ada satu pun kata-kata yang merumitkan serta semuanya terlihat natural. Saya bahagia menemukan artikel seperti ini yang meningkatkan wawasan saya sendiri tentang topik tertentu. Lagi, terima kasih banyak sekali atas tulisan ini. Saya telah menyimpan situs ini untuk membaca nya di masa depan . Itu adalah tulisan yang benar-benar bermanfaat . Saya menemukan banyak sekali ide-ide baru dan pengetahuan yang berguna dari artikel ini. Thanks atas berbagi ini dengan kami. Saya pasti akan membagikan artikel ini dengan teman-teman saya. Kunjungi service water heater

Tinggalkan Balasan