HUT SMP Negeri 7 ke-41

Puncak hari jadi SMP Negeri 7 Kota Jambi ke 41 tahun, Sabtu (13/1) kemarin berlangsung sukses dan meriah. Berbagai kegiatan seperti lomba kompetitisi IPA, IPS, matematika, dan MTQ, serta basket yang dimulai 5 Januari lalu meramaikan kegiatan ini.

Selain itu ada juga bazar, lari marathon 7 KM dan jalan santai yang mulai start dari rumah dinas walikota, serta kegiatan senan dan zumba, pelayanan kesehatan gratis, pembagian hadiah dan doorprize, serta pembentukan ikatan alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi.

Puncak peringatan HUT SMP Negeri 7 ini dihadiri Kepala Disdik Kota Jambi, Arman Me, sekaligus membuka stan bazar expo pada 11 Januari lalu, serta Walikota Jambi Sy Fasha juga hadir pada 12 Januari, Ketua PKK Kota Jambi, Yuliana Fasha yang juga ikut jalan santai dan senam bersama.

Selain itu para alumni SMP Negeri 7 lintas angkatan turut serta hadir pada peringatan puncak sekolah yang pernah membesarkannya dengan mengenakan kaos berwarna hijau putih, dan juga Kepala SMP di Kota Jambi.

Kepala Disdik Kota Jambi, Arman ME dalam sambutannya mengatakan, pihaknya bangga dengan pencapaian prestasi yang diraih SMP Negeri 7. Termasuk berhasil mengembangkan prasarana sekolah yang semakin baik dan berbagai cabang perlombaan juga berhasil diraih. “Baik cabang lomba akademik, maupun nonakademik disemua jenjang tingkatan,” ujarnya.

Arman menilai, sekolah yang berada dikawasan simpang Karya Telanaipura ini, merupakan sekolah tingkat SMP yang pertama di Jambi melaksanakan UNBK untuk siswanya. “Karena sudah didukung prasarana UNBK dengan matang,” ungkapnya.

Kemudian peningkatan mutu pendidikan di sekolah terus dikembangkan, apalagi SMP Negeri 7 harus mempertahankan kualitas pendidikan yang baik, dengan menambah pengetahuan dan wawasan guru- guru.

Tidak itu saja, sekolah ini juga melahirkan alumni-alumni yang saat ini telah suksea dengan bidangnya masing- masing, baik di Jambi maupun luar Jambi, bahkan luar negeri. “Ini menjadi motivasi guru untuk terus mendidik generasi penerus bangsa,” paparnya.

Ia berharap kualitas pendidikan SMP Negeri 7 Kota Jambi, menjadi contoh sekolah lain sehingga antar sekolah bersaing dalam mutu pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa. “Melalui pendampingan khusus dari guru yang berkompeten dan berpengalaman,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala SMP Negeri 7, Zaidawati menyebutkan, perayaan HUT SMP Negeri 7 ke 41 tahun adalah upaya merefleksikan diri lewat program sekolah yang telah dikerjakan dan dirah selama 41 tahun, untuk menjadi bahan evaluasi ke depan, guna mempertahankan kualitas dan kuantitas sekolah semakin baik, dan sudah diakui masyarakat karena segudang prestasi siswa.

Zaidawati menyebutkan,  pihaknya 3 bulan lalu dilakukan penilaian dari BAP, dan hasilnya telah disampaikan melalui sambungan telepon, dengan hasil yang membanggakan. ”SMP Negeri 7 mendapat kembali Akreditasi A dengan nilai 95. Penilaian kinerja guru juga mendapat nilai A,” terangnya.

Menurutnya prestasi sekolah tak luput dari peran semua kalangan, termasuk dukungan kepala dinas, alumni, guru, sponsor, DPR, penerbit buku, pihak swasta, serta peran orangtua siswa yang mendukung program sekolah. Begitu pula alumni SMP Negeri 7 yang juga mensukseskan kegiatan tersebut.

Selain itu kegiatan ini memadukan 4 olah, yakni pertama olah raga dengan kegiatan perlombaan cabang basket pada 5 Januari lalu, yang diikuti sebanyak 8 tim dari sekolah lain.

Kedua olah fikir dengan mengundang siswa SD untuk mengikuti kompetisi bidang akademik mata pelajaran IPA dan IPS dengan sistem CBT, yang direkomendasikan Kelas VI yang akan menyelesaikan pendidikan di bangku SD. “Mereka akan diberikan peluang masuk di SMP Negeri 7 tanpa mengikuti tahapan test kembali,” ujarnya.

Selanjutnya olah hati yang menampilkan kompetisi membaca Alquran yang diikuti siswa Kelas VI, dan peluang ini sama seperti kompetisi IPA dan IPS tersebut.

Terakhir olah rasa yang menampilkan kreatifitas siswa, baik seni tari, musik, dan seni vokal dengan tampilan apik, serta kegiatan bazar yang dilakukan siswa.

Terpisah, Deni Fairuziddin, Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi angkatan 1977 mengatakan, dirinya sangat antusias dengan kegiatan yang diselenggarakan sekolah, yang pertama kalinya mengadakan kegiatan akbar hari jadi sekolah yang berlangsung beberapa hari pelaksanaannya.

ia melihat perkembangan sekolah yang pernah membesarkan dirinya, kemajuannya dari tahun ketahun semakin baik dan berkembang, baik dari prasarana sekolah maupun dari pencapaian prestasi yang ditorehkan sekolah, sehingga menjadikan sekolah ini menjadi barometer sekolah lain.

“Kami bangga, dari dulu prestasi SMP Negeri 7 memang membanggakan, hingga tingkat nasional maupun internasional,” sebutnya dengan bangga.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus pembentukan ikatan alumni SMP Negeri 7, yang selama ini belum terbentuk. Diharapkan ikatan ini dapat menjadi tali silahturahmi sekolah dengan para lulusannya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *