Bangkit Bersama Menuju Kebersamaan

Pada perayaan momen tertentu, biasanya tema menjadi hal yang penting dalam bagian acara. Adanya tema kegiatan yang dimiliki, diharapkan dapat menjadi pedoman untuk kemajuan yang lebih baik.

Perayaan HUT SMP 7 Kota Jambi, juga tidak terlepas dari berbagai harapan pihak sekolah untuk ke depannya. Sehingga sekolah ini mengambil tema HUT-nya, yakni “Bangkit Bersama Menuju Kebersamaan”.

Tema ini diambil mengingat ada banyak makna yang tersirat didalamnya. Sekolah ini akan terus bangkit, terutama untuk menuju sekolah yang unggul, berkarakter, berwawasan lingkungan dan global, serta berdasarkan iman dan takwa.

Selain itu “Spenjoe Bangkit” juga memiliki makna penting. Setiap huruf pada kata “Bangkit” memiliki penjelasan masing-masing seputar apa yang mesti diwujudkan oleh pihak sekolah. Huruf B berarti bersih lahir dan batin. Maksudnya diharapkan Spenjoe dengan peringatan hari lahirnya akan kembali terlahir dengan bersih. Tidak hanya sekolah, tetapi juga untuk semua warga sekolah.

Kemudian huruf A yang berarti amanah. Dalam hal ini, pihak sekolah beraharap dapat menjadi sekolah yang dapat menjalankan tugas dan kewajibannya secara amanah. Berikutnya huruf N yang berarti nasionalisme. Dimana diharapkan para peserta didik bisa menanamkan rasa cinta tanah air. Adapun huruf G berarti giat. Tentunya diharapkan seluruh warga sekolah bisa giat dalam melakukan segala tugas dan kewajibannya masing-masing. Selanjutnya huruf K yang berarti Kreatif. Sesuai dengan tujuan kegiatan HUT-nya, sekolah ini ingin mengutamakan kreatifitasnya untuk mencapai hasil yang maksimal.

Setelah itu ada huruf I yang berarti inovatif. Dimana sekolah ini menginginkan selalu ada hal-hal yang baru sebagai inovasi tiada henti dalam memajukan sekolah. Kemudian diakhiri dengan huruf T yang berarti terdepan. Dalam huruf T inilah, adanay pencapaian harapan yang ingin selalu didapat oleh pihak sekolah. “Dari huruf T inilah, ada harapan-harapan lebih dari pihak sekolah. Kami berharap meskipun bisa menjadi yang terdepan, tapi kita tetap tidak lupa dengan sikap Taqwa, Tawadu’ atau rendah hati kepada siapa pun, dan tetap Tawakkal,” demikian kata Kepala SMP Negeri 7 Kota Jambi, Budiyanto, M.Pd.

(Sumber: JambiOne, 14 Januari 2015)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *