Seminar Enterpreneurship Guru Bersama Dahlan Iskan

Momentum kedatangan Menteri BUMN, Dahlan Iskan ke Jambi untuk mengisi acara Seminar Pendidikan di Ruang Pola Kantor Gubernur benar-benar dimanfaatkan Kepala SMP Negeri 7 Kota Jambi, Budiyanto, M.Pd. untuk ikut berdialog langsung. Bahkan Budiyanto mengajak 10 guru SMP 7 untuk mengikuti seminar bersama Dahlan Iskan tersebut.

Menurutnya, pihaknya tidak menyia-nyiakan kegiatan tersebut karena dirinya dan rekan-rekan guru bisa bertukar pengalaman dan berdiskusi serta berdialog dengan Menteri yang nyentrik itu, terutama berkaitan dengan penerapan Kurikulum 2013.

“Karena setiap perubahan pasti muncul masalah. Masalah bukan untuk dihindari tapi peluang untuk diselesaikan. Makanya dalam pertemuan itu kita bicara tentang 4 kompetensi inti dengan kalimat yang berbeda dalam Kurikulum 2013 yaitu kompetensi hablumminallah, hablumminannas, ilmu pengetahuan dan keterampilan,”ujarnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa masalah akan muncul saat melakukan perubahan. Salah satunya penerapan penilaian selain angka juga harus ada deskripsinya. Diharapkan setiap siswa mendapatkan penjelasan terkait nilai apa yang diraihnya dan apa yang perlu ditingkatnya.

“Memang saat ini sosialisasi K13 belum maksimal, maka diharapkan ke depan supaya tidak dari tuntutan, maka sosialisasi lebih ditingkatkan khususnya dari pemerintah pusat hingga ke sekolah. Jadi harus dari narasumber langsung agar tidak terjadi salah menerapkan kebijakan tersebut,” bebernya.

Diakui Budiyanto dalam pertemuan dan dialog dengan Dahlan Iskan tersebut, dirinya juga meminta beban kerja 24 jam dikurangi, sehingga diharapkan guru lebih profesional dalam penerapan perencanaan dan pembelajaran. Guru diharapkan bisa lebih fokus dalam penilaian deskripsi terkait karakter dan kompetensi individual dari siswa.

“Di sisi lain kami juga berdialog dengan Dahlan Iskan tentang penerapan UN. Saya sampaikan agar UN hanya untuk pemetaan dan tidak penentuan kelulusan. Biar suara guru yang menentukan kelulusan siswa dan nampaknya pak Dahlan Iskan sangat menerima masukan kita dan akan disampaikan ke Mendikbud, ” jelasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *