Guru Bantu Bahasa Mandarin dari RRC

Sebagai implementasi atas apresiasi Pemerintah RRC kepada SMP Negeri 7 Kota Jambi dalam pengembangan Bahasa Mandarin beberapa waktu yang lalu, baru-baru ini sekolah yang dipimpin oleh Budiyanto, M.Pd. ini kedatangan seorang guru bantu Bahasa Mandarin dari negara tersebut.

Hal ini tentu saja akan meningkatkan kemampuan Bahasa Mandarin siswa SMP Negeri 7 Kota Jambi karena langsung menerima pengajaran dari native speaker (penutur asli) Bahasa Mandarin. Keberadaan Sun Wei – demikian nama guru tersebut – di sekolah ini akan berlangsung selama 10 bulan terhitung sejak November 2013 hingga Juni 2014.

Kepala SMP 7 Kota Jambi mengatakan bahwa kedatangan guru RRC ini merupakan kerjasama Kemendikbud RI dan Bakor Pembinaan Bahasa Mandarin. Guru magang dari Negeri Tirai Bambu tersebut berjumlah 74 orang yang disebar ke seluruh Indonesia, tiga orang ke Jambi dan salah satunya ditugaskan di sekolah ini.

“Selama di Jambi, Sun Wei ini tinggal di rumah salah seorang guru.Dia akan dibantu dengan guru Mandarin lokal agar mempermudah komunikasi antara guru dengan siswa dalam mengajar Bahasa Mandarin,” ujar Budiyanto (05/11/2013)

Lebih lanjut beliau mengimbuhkan bahwa kedatangan Sun Wei untuk memperkenalkan bahasa, budaya dan etos kerja warga RRC di SMP Negeri 7 Kota Jambi. Apalagi Sun Wei merupakan duta bahasa yang dikirim langsung dari China. Kemajuan negara RRC tidak bisa dibendung dan tugas guru saat ini bagaimana menciptakan generasi penerus mampu bersaing, terutama dalam berbahasa. Program ini merupakan tahun pertama dan diharapkan pada masa mendatang akan terus dilanjutkan.

Sementara Sun Wei (23) saat ditemui mengakui bahwa kedatangannya ke Indonesia, khususnya SMP 7 Kota Jambi dalam rangka Teaching Mandarin selama 10 bulan. Dirinya senang bisa datang ke Jambi. “Saya baru pertama kali ke Jambi dan saya senang di sini bagus, indah, dan udaranya segar,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *