SMP 7 Jambi Tuan Rumah Gelar IPTEK

Sebuah kebanggaan bagi SMP Negeri 7 Kota Jambi yang mendapat kepercayaan sebagai tempat pelaksanaan Gelar IPTEK Sistem Apresiasi Budaya IPTEK yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Acara yang berlangsung sehari tersebut digelar di Auditorium SMP Negeri 7 Kota Jambi dan dihadiri sedikitnya 10 SMP dan 10 SMA yang berdomisili di Kota Jambi.

Selaku kepala sekolah, Budiyanto, M.Pd., menyambut baik apresiasi dan kepercayaan dari Kemenristek dan Dinas Pendidikan Kota Jambi yang memilih sekolah ini menjadi tuan rumah.

“Saya sangat berterima kasih atas kepercayaannya telah memilih SMP 7 Kota Jambi untuk menjadi penyelenggara kegiatan Gelar Iptek ini. Mudah-mudahan ke depan akan ada kegiatan-kegiatan semacam ini yang terus diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi,” ujarnya. “Sehingga muaranya nanti akan berimbas pada kemajuan Iptek itu sendiri, khususnya di Kota Jambi. Tentunya untuk mewujudkan semua itu, perlu dirintis sejak dini dan ditanamkan pada anak didik juga sejak dini. Sehingga mereka bisa bersaing baik di skala lokal sampai di tingkat nasional bahkan internasional.”

Dalam kesempatan terpisah, Asisten Deputi Budaya dan Etika Iptek, dr. Heri Widyawati, M.Kes. menambahkan bahwa kegiatan gelar iptek tersebut bertujuan untuk mengembangkan budaya iptek di masyarakat, khususnya di kalangan anak didik sejak dini.

“Bahwa dengan kemajuan iptek, bisa meningkatkan kesejahteraan. Itu perlu ditanamkan sejak dini di kalangan anak didik. Siapa yang menguasai ilmu pengetahuan dan iptek, merekalah yang menguasai dunia dan menjadi negara-negara sejahtera, karena mereka bisa memberi nilai tambah pada kekayaan alam atau produk yang ada,” jelasnya.

Ditambahkannya, dirinya merasa bangga dengan antusiasme anak didik yang mengikuti kegiatan tersebut, “Dengan iptek kita bisa menjelaskan sebuah fenomena. Bukan hanya secara kasat mata atau dalam angan saja, tetapi bisa dilihat, didengar, dirasakan oleh panca indera karena memang iptek berbasis sesuatu yang masuk akal,” pungkasnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *