Bank Sampah SMP 7 Kota Jambi

Bank Sampah SMP 7 Kota Jambi

Sebagaimana kita maklumi, biasanya sampah – sampah hanya bisa dibuang dan dibakar, kini dengan adanya perkembangan zaman dan pemikiran kreatif manusia, sampah yang bisa dijadikan seperti hiasan rumah dinding, pot bunga, bingkai foto, tas, tempat kado, dan aksesories ataupun perabotan lainnya.Sehingga sampah yang sebelumnya tidak berharga, kini bisa menghasilkan uang dan berguna bagi orang lain. Semua itu dapat diwujudkan dengan adanya bank sampah. SMP Negeri 7 Kota Jambi turut berpartisipasi dalam menyukseskan keberadaan bank sampah ini. Bank Sampah Spenjoe (BSS) namanya.

 

Pada bank sampah di sekolah ini, siswa menabung dalam bentuk sampah yang sudah dikelompokkan sesuai jenisnya. Mereka juga mendapatkan sejenis nomor rekening dan buku tabungan. Pada buku tabungan mereka tertera nilai Rupiah dari sampah yang sudah mereka tabung dan bisa ditarik dalam bentuk uang. Untuk menyetorkan sampah, mereka akan mengisi slip setoran sampah sebagai bukti jumlah sampah yang mereka setor berikut nilai uangnya. Sedangkan untuk mengambil uangnya mereka akan diberikan slip pengambilan.

 

TATA CARA MENABUNG DI BANK SAMPAH SPENJOE (BSS)

  1. Mendaftar sebagai Nasabah BSS (Mendapat Buku Tabungan).
  2. Menyetor Barang (plastik, besi, dll) dengan mengisi formulir penyetoran sesuai barang yang dibawa dan ditimbang oleh petugas BSS untuk mendapat pengesahan.
  3. Menyerahkan slip setoran ke Kasir BSS dengan Buku Tabungan.
  4. Penarikan uang tunai dilakukan setiap hari Sabtu minggu terakhir.

 

JENIS DAN HARGA SAMPAH

Bank sampah bekerjasama dengan pengepul barang-barang plastik, kardus dan lain-lain, untuk bisa mengkomersiilkan sampah yang disetorkan siswa. Juga dengan pengolah pupuk organik untuk menyalurkan sampah organik yang ditabungkan.
Pengelolaan Bank sampah mirip dengan pada bank umum lainnya. Setiap nasabah datang dengan empat jenis sampah yang berbeda. Adapun jenisnya meliputi :
NoJenis Sampah
SatuanHarga Beli
1Gelas Plastik1 kgRp    900
2Kertas Buku1 kgRp    750
3Kertas Koran1 kgRp    750
4Kertas HVS1 kgRp    950
5Besi Padat1 kgRp 2.750
6Besi Biasa1 kgRp 1.900
7Seng1 kgRp 1.350
8Kardus1 kgRp    750

 

PENGURUS BANK SAMPAH SPENJOE (BSS)
1PembinaBudiyanto, M.Pd.
2KetuaElfita Yanti, S.Pd.
3Wakil KetuaSyafruddin
4SekretarisLince Tambunan, S.Pd.
5BendaharaSiti Chodidjah, M.Pd.
6Koordinator TellerEndang Sri Mulyati, S.Pd.
7AnggotaIrfai
Heriyanto
Ahmad Supriyadi
Budiyuswanto

One thought on “Bank Sampah SMP 7 Kota Jambi

Tinggalkan Balasan