PPDB Secara Online

Pada tahun 2013 ini, Dinas Pendidikan Kota Jambi akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP dan SMA dengan sistem online. Rencananya, sebagai tahap awal akan ditunjuk beberapa sekolah untuk melaksanakan sistem ini, salah satunya adalah SMP Negeri 7 Kota Jambi. Sekolah lainnya adalah SMP Negeri 1, SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3.

Kepala SMPN 7 Kota Jambi, Budiyanto, M.Pd. mengatakan bahwa pasca dihapusnya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ada perubahan mendasar dalam sistem penerimaan siswa baru sebagaimana yang direncanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Jambi tersebut.

SMP Negeri 7 bersama SMP Negeri 1 akan menjadi pilot project guna merealisasikan sistem online PPDB. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pejabat terkait mengenai kepastian rencana tersebut.

Dengan adanya sistem online ini nantinya akan mempermudah para siswa lulusan SD untuk melakukan pendaftaran. Pendaftar tidak perlu datang ke sekolah untuk mengambil formulir. Mereka cukup mengisi form pendaftaran di situs yang telah disediakan. Bila telah lolos seleksi pendaftaran, pengumumannya juga ditampilkan melalui web. Dengan begitu, sistem ini mempermudah kinerja pihak sekolah maupun para pendaftar.

Berdasarkan data-data selama ini, para pendaftar yang ingin melanjukkan ke SMP Negeri 7 Kota Jambi tiap tahunnya mencapai lebih dari 1000 orang calon siswa. Hal ini terjadi mengingat SMP Negeri 7 Kota Jambi merupakan salah satu sekolah unggulan di Kota Jambi.

Namun jumlah bangku yang tersedia hanya sekitar 30 persen saja, sehingga diharapkan para orang tua agar bijaksana untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah lain, karena beberapa sekolah di Kota Jambi juga telah mengalami peningkatan kualitas akademik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *