Sekda Lepas Kontingen Pramuka Tingkat Nasional ke Cibubur

Dalam rangka mengikuti Lomba Tingkat (LT-V) Nasional di Buperta Cibubur, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Ir.Syahrasaddin, M.Si selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi melepas kontingen Pramuka Penggalang Daerah Jambi, Jumat (6/7/12) bertempat di rumah dinas Sekda Jambi. Hadir pada acara ini Unsur Mabida Gerakan Pramuka, Andalan Daerah beserta Staf Kwarda Jambi, Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab Kota Jambi, serta Kepala SMPN 7 Kota Jambi selaku Ka.Mabigus. Peserta yang mewakili daerah Jambi adalah regu peraih prestasi tinggi pada LT IV Kwartir Daerah Jambi, yaitu Regu Octovus (Putera) dan Regu Piber Betle (Puteri), kedua regu yang masing-masing berjumlah 8 orang tersebut berpangkalan di SMPN 7 kota Jambi.

Saat ditemui wartawan Sekda menyatakan bahwa sebagai Kakwarda Jambi beliau berharap kontingen Pramuka Penggalang ini benar-benar menggali pengalaman dalam perlombaan ini dan mengikuti setiap pelatihan dengan baik. ”Anak-anak ini mengikuti perlombaan tingkat nasional dan kita berharap kontingen akan mendapatkan peringkat dalam perlombaan, tetapi kita pikir bahwa perlombaan ini adalah ajang kompetensi yang sehat untuk membentuk watak dan pribadi kepemimpinan dari generasi muda kita, bukan sesuatu yang harus kita raih dengan cara tidak sehat, nikmati saja pelatihan ini selama dua belas hari. Dan anak-anak ini sudah disediakan pendamping sebanyak enam orang” ujar Sekda.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Kepemimpinan dalam gerakan pramuka., merupakan dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Karena memimpin dan dipimpin adalah dinamika kegiatan kepramukaan, baik pola pembinaan bagi golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega sebagai anggota muda hingga Pembina dan seterusnya sebagai anggota dewasa. ”Kepemimpinan juga penting disemua tingkat, pemimpin itu memiliki tanggung jawab yang tinggi, pemimpin itu berada di lapangan, pemimpin itu turun bersama-sama yang dipimpin, pemimpin itu terus berpikir apa yang dilakukan untuk kebaikan, pemimpin itu mengambil keputusan, pemimpin itu siap menghadapi resiko kadang-kadang tidak terkenal, tapi harus tetap memimpin, keadaan apapun juga tetap memimpin” ujarnya.

Dilanjutkan Sekda kalau gerakan Pramuka mampu mewujudkan dua misi membangun karakter dan pendidikan kepemimpinan bagi generasi muda, maka visi yang diharapkan Kwartir Nasional akan terwujud visi Kwarnas sebagai organisasi pilihan utama, konsep-konsep kepramukaan itu menjadi solusi handal untuk masa-masa generasi muda.Lomba tingkat nasional yang diselenggarakan secara berjenjang tiap lima tahun sekali ditiap jajaran Kwartir mulai dari Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional. Pola kegiatan dalam lomba tingkat adalah menitikberatkan pada pengembangan diri peserta dalam meningkatkan kreatifitas, kualitas, kemandirian, intelektual, dan spritual sebagai individu dan sebagai makhluk sosial.

Lomba tingkat juga diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat bagi pramuka Penggalang untuk menggali potensi diri, mengembangkan nilai-nilai positif untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah selesai mengikuti kegiatan ini. Sasaran akhirnya adalah terbentuknya kader-kader pembangunan masa depan yang memiliki kepedulian yang tinggi dan rasa tanggung jawab yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *