SMPN 7 Raih 3 Prestasi Bidang Pramuka

Prestasi siswa SMPN 7 Kota Jambi tidak hanya dibidang akademik saja, tetapi juga berprestasi dibidang ekstrakulikuler, terutama bidang pramuka. Bahkan dalam rangka Hari Pramuka ke-50 tingkat Kwartir Daerah Pramuka Jambi 2011, siswa SMPN 7 berhasil meraih 3 prestasi membanggakan.

Prestasi tersebut adalah Juara I Lomba Pionering Penggalang Putri, Juara I Lomba Pionering Penggalang Putra dan Juara I LKBB Penggalang Putri tingkat Provinsi Jambi. Dengan prestasi ini, maka prestasi bidang pramuka SMPN 7 terus bertambah karena sebelumnya sudah mengikuti Jambore Dunia di Swedia.

Kepala SMPN 7 Kota Jambi, Syahrial Thaib, MPd mengatakan bahwa prestasi yang diraih siswanya tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan SMPN 7 dibidang pramuka selama ini. Diakui Syahrial bahwa prestasi pramuka SMPN 7 mulai dari tingkat daerah, nasional, ASEAN hingga tingkat dunia.

“SMPN 7 sangat memperhatikan kegiatan pramuka, karena pramuka bisa merubah karakter seorang siswa. Jadi anak SMPN 7 harus kenal pramuka dan bela negera, karena tidak ada kenakalan remaja bila seorang anak aktif dalam kegiatan kepramukaan,” sebut Syahrial saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Walaupun ekstrakulikuler seperti pramuka menyedot dana yang cukup besar, baik dalam pembinaan atau akomodasi saat lomba tetapi pihaknya merasa bangga karena semua bisa terbayar dengan prestasi. Selain itu dengan aktifnya kegiatan pramuka, maka kedisiplinan siswanya juga akan meningkat.

“Kalau satu sekolah kegiatan kepramukaannya berkembang, maka bisa dipastikan bahwa sekolah tersebut sangat disiplin. Karena di dalam banyak anak yang punya karakter yang melekat dalam dirinya. Makanya kita menggalakan kegiatan pramuka di SMPN 7 agar karakter anak bisa lebih baik,” jelasnya

Pada kesempatan itu juga Syahrial juga menjelaskan bahwa sudah menjadi agenda tahunan bagi SMPN 7 untuk mengirim siswanya diberbagai ajang lomba pramuka. Mulai dari Jambore tingkat Nasional, ASEAN dan Dunia, juga kegiatan kepramukaan lainnya diberbagai kegiatan selalu diikuti siswa SMPN 7.

“Untuk saat ini banyak siswa kita yang sudah menyandang status pramuka garuda. Anggota pramuka SMPN 7 paling banyak menyandang pramuka garuda se-Provinsi Jambi. Dalam rangka Hari Pramuka ke-50 kemarin ada 7 siswa SMPN 7 juga disahkan sebagai anggota pramuka garuda,” bebernya.

Sementara itu 3 siswa SMPN 7 yang mewakili teman-temannya yaitu Fikrisya Aryani Iskandar, M Arif Sulaiman dan Deamel Mountauni mengakui bahwa persiapan mereka 2 minggu sebelum lomba. Begitu surat dating untuk mengikuti lomba, maka pihaknya langsung latihan intensif.

“Untuk Lomba Pionering pesertanya 8 putra dan 8 putri, sedangkan LKBB jumlah anggotanya sebanyak 31 siswa. Kita latihan rutin setiap hari Sabtu dan Minggu, kalau ada lomba jam latihannya akan ditambah,” aku ketiganya dengan bangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *